Cara Mudah Menghapus Virus Ramnit Dengan PcMav




Awal pertama berjumpa dengan virus yang satu ini ketika saya meminta lagu dari laptop teman dengan cara mentransfer file tsb melalui flashdisk,ketika ingin di pindahkan ke komputer saya tiba-tiba antivirus mendeteksi adanya virus Ramnit.

Virus Shorcut ini pertama kali muncul di tahun 2010. Ramnit Shorcut masuk kedalam file berektensi .exe dan USB drive untuk menginfeksi komputer. Dan sekarang virus ini sudah berevolusi menjadi lebih ganas. Virus ini juga mulai berkembang biak dan menimbulkan gejala gejala yang berbeda pada komputer yang diinfeksi.

Virus ini tidak bisa dihilangkan hanya dengan dihapus saja.
Semua folder didalam flashdisk berubah menjadi shortcut. Artinya folder tersebut tidak bisa dibuka.Semua folder didalam flashdisk, HILANG. Mungkin lebih tepatnya disembunyikan.
Semua folder di komputer, menggandakan diri menjadi shorcut. Misal saya punya folder C dan folder D, kedua folder tersebut menghasilkan sebuah file shortcut baru yaitu folder C shorcut dan folder B shorcut.

Nah untuk mengatasinya silahkan disimak :

Cara Menghilangkan Virus Shortcut dengan PCMAV

Untuk membasmi virus shorcut, kita tidak bisa menggunakan antivirus biasa seperti Smadav ataupun Avast. Kita perlu sebuah anvitivirus yang khusus menangani virus Ramnit. Kebetulan Indonesia punya antivirus khusus ramnit bernama PCMAV Express for Ramnit.
Pada kasus pertama saya terkena virus Ramnit, saya menggunakan antivirus ini dan berhasil. Langsung saja download antivirus khusus Ramnit di www.pcmav.net/download . Pilih yang khusus untuk Ramnit yaitu PCMAV Express for Ramnit. Ukurannya kurang lebih 800kb.

Jika sudah terdownload, buka antivirus tersebut. Maka akan terlihat tampilan dari PCMAV. Sebelum melakukan scanning, silakan tutup dulu semua aplikasi yang sedang berjalan.Kalau tidak, proses scanning nanti tidak akan berjalan dengan maximal dan ada kemungkinan virus ramnit tidak hilang.
Cara Mudah Menghapus Virus Ramnit Dengan PcMav

Klik Scan & Clean jika jika sobat sudah menutup semua aplikasi yang berjalan. Tunggu proses scanning dari PCMAV. Tunggulah dengan sabar. Jika sudah selesai , restart komputer sobat dan lihat apakah virusnya masih ada atau tidak. Jika masih, lakukan scanning ulang lagi.

Cara Memunculkan Folder yang disembunyikan Virus Shortcut di Flashdisk / Card Reader

Sesuai judulnya, cara ini akan memunculkan folder yang telah disembunyikan virus ramnit. Cara ini dapat sobat gunakan apabila folder di flashdisk sobat hilang atau berubah menjadi shorcut. Folder tersebut disembunyikan oleh virus shorcut Ramnit. Tidak akan bisa dimunculkan dengan cara yang biasa. Untuk mengembalikan folder yang disembunyikan virus ramnit shortcut, kita bisa menggunakan perintah CMD. Ini adalah cara menghilangkan virus shorcut tanpa software atau aplikasi antivirus.
Pertama, kita harus membuka CMD. Caranya dengan mengeklik tombol Start, pad search program and files ketik CMD lalu enter. Cara lainnya yaitu dengan menekan kombinasi tombol keyboard, windows key + R . Windows Key adalah tombol yang ada gambar icon windows. Pada keyboard terletak di sebelah kiri bawah. Jika sudah menekan logo windows di keyboard + R, ketik CMD lalu tekan enter.
Ketika CMD sudah terbuka, selanjutnya kita akan mengirimkan sebuah perintah untuk memunculkan folder yang disembunyikan. Ketik perintah ini
attrib -h -r -s /s /d f: \*.*

Baca:Cara menghidden data system-tanpa Bisa di serch

Untuk f: silakan diganti sesuai dengan letak flashdisk/card reader sobat. jika ternyata flahdisk terletak di drive G maka ganti menjadi g:
Tekan enter. Tunggu. Lalu lihat kembali flashdisk sobat, pasti foldernya sudah kembali lagi.

0 Response to "Cara Mudah Menghapus Virus Ramnit Dengan PcMav "

Post a Comment